#96 History


Ketika mendengar ketika mata pelajaran sejarah akan dihapus dari kurikulum SMA, bukan hal yang tepat menurutku. Sejarah atau history, ibarat spion dalam kendaran bermotor, media untuk melihat sekejap kebelakang sebelum memulai langkah baru. Mungkin karena sejarah diidentikkan dengan ‘hafalan’ ya kemudian dihapuskan, tapi sebenarnya sistem pembelajarannya yang dapat dirubah.

Kalau bicara history, itu merupakan hal yang sangat penting, apalagi di kehidupan developer / programmer :), baik dari sisi aplikasi maupun dokumentasi. History sangat membantu sekali untuk mengenali permasalahan-permasalahan yang pernah dihadapi dan bagaimana solusinya, dimana akan sangat meminimalisasi waktu kerja. Ibarat makan prasmanan, antara jenis makanan dan tempatnya sudah ada di tempat yang berdekatan, tinggal eksekusi yang dijalankan.

History juga menjadi hal yang bernilai jual dan dapat dijual, contohnya pada beberapa jejaring sosial yang mengaplikasikan fitur ini. Dengan peradaban jejaring sosial masa kini, history akan menjadi fitur, walaupun bukan andalan, yang dapat menghasilkan profit yang lumayan. Seperti facebook dan twitter dengan timelinenya, foursquare dengan history check-in, dan banyak lagi.

Demikian sekilas kata tentang history, dimana akan menjadi hal yang baik dan memperbaiki bila diimplementasikan secara positif.

Bogor, 20-11-2012

7: 15 am (antri mandi)

Advertisements

Posted on November 20, 2012, in #100Amazing. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: